Situs Pencari Kerja Dan Lowongan Kerja Terbaik 2022

Generating Link...

10 Cara Mencari Lowongan Kerja Via Online Termudah Dan Tercepat!

TUTORIAL PENGGUNAAN WEB

Kamu sedang mencari lowongan kerja terdekat di sekitarmu? Selain mencari di kota-kota besar di Indonesia seperti di Jakarta, kamu juga bisa mencarinya di kota tempat tinggalmu sendiri lho. Asalkan kamu tahu cara dan tips-tipsnya, tentunya tidak sulit menemukan lowongan pekerjaan yang dekat dengan tempat tinggalmu.

Hal ini tentu akan lain ceritanya kalau kamu tinggal di kota kecil, atau di desa dan daerah terpencil, dimana sebagian besar orang hidup dari bertani atau berdagang, sehingga mencari lowongan pekerjaan yang dekat akan menjadi sangat sulit. Tetapi jika kamu tinggal di kota seperti Surabaya, Bandung, Semarang, atau banyak kota besar lainnya di Indonesia, maka kamu tidak perlu harus ke Jakarta untuk mencari kerja.

Banyak orang yang beranggapan bahwa bekerja di Jakarta akan lebih sukses daripada bekerja di kota besar lainnya. Selain itu, banyak juga orang menganggap bahwa di Jakarta akan lebih banyak lowongan kerja daripada di kota lainnya. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar, tapi tidak sepenuhnya salah juga. Sederhananya, di kota manapun kita berada, kita tidak akan pernah mendapat pekerjaan apapun jika kita tidak berusaha untuk mencarinya.

Nah, apabila kamu tertarik berpindah kerja ke kota besar, ada beberapa pertimbangan yang perlu menjadi perhatian kamu, baik dari segi kelebihan maupun kekurangannya. Selain itu, kami juga telah merangkum 6 cara cari lowongan kerja terdekat di lokasi sekitar kamu yang berlaku bagi kamu perantau maupun tidak. Sebelumnya yuk mari simak beberapa pertimbangan sebelum kamu memilih jadi perantau:

Kamu juga tidak perlu bingung, bagaimana sih cara melamar kerja lewat internet atau gimana sih cara yang baik untuk mencari lowongan kerja via online? Yuk langsung saja kita bahas cara-caranya!

1.    Gunakan Sosial Media

Cara pertama yang sebaiknya kamu coba adalah dengan menggunakan situs sosial media yang kamu miliki. Apakah lebih mudah? Apakah akan berhasil? Berhasil atau tidak yang paling penting adalah kamu ada usaha untuk mencari lowongan kerja. Tenang saja, saat ini sosial media sudah sangat dikenal di Indonesia. Selain di website atau aplikasi pencari kerja biasanya perusahaan juga mencari karyawan dan membuka lowongan kerja lewat sosial media seperti facebook dan juga instagram. Bisa dengan cara kamu follow akun lowongan kerja atau komunitas dan grup lowongan kerja di facebook. Di instagram kamu bisa juga menggunakan hashtag loker, lowongan kerja, jobvacancy atau yang terkait dengan lowongan kerja.

Lewat sosial media kamu juga bisa sharing dengan teman kamu di akun sosmed. Tapi ingat, jika kamu mencari lowongan kerja via online menggunakan sosial media jangan mudah tergiur dengan gaji yang besar apalagi jika pekerjaannya hanya hal sepele. Karena bisa jadi itu adalah penipuan. Sebaiknya cari tahu juga tentang perusahaan yang sedang membutuhkan karyawan, alamat dan profil yang lain supaya kamu juga lebih percaya dan yakin.

2.    Pakai Aplikasi Lowongan Kerja

Jika cara yang pertama sudah kamu lakukan dan belum juga berhasil atau masih kurang ampuh menurut kamu, cobalah menggunakan aplikasi lowongan kerja yang terpercaya seperti mamikos. Selain lebih mudah, aplikasi lowongan kerja juga biasanya lebih dapat dipercaya dan sudah dilengkapi dengan kualifikasi, alamat, gaji yang ditawarkan serta ada tombol untuk daftar, apply atau kirim lamaran.

 

Kelebihan lainnya dari aplikasi lowongan kerja adalah info lowongan kerjanya lebih beragam, mulai dari lowongan kerja freelance, lowongan kerja sma, dan berdasarkan bidang yang sedang kamu cari. Jadi, aplikasi lowongan kerja ini menawarkan kemudahan kepada kita untuk mencari lowongan kerja via online yang lebih cepat dan efisien.

3.    Via Group Whatsapp

Pasti kamu punya whatsapp kan? Nah di whatsapp jika kamu memiliki group kamu bisa share jika sedang membutuhkan lowongan kerja dan meminta bantuan pada teman kamu yang ada di grup. Mungkin saja teman kamu ada yang sebenarnya punya info lowongan kerja dan sesuai dengan yang sedang kamu cari.

4.    Subscribe Situs Lowongan Kerja

Kamu juga bisa cara satu ini untuk mendapatkan lowongan kerja via online dengan udah dan cepat. Saat mengunjungi situs lowongan kerja biasanya ada tombol subscribe kemudian meminta alamat email. Jadi nanti jika ada update terbaru seputar lowongan kerja, kamu akan langsung mendapatkan pemberitahuan dari situs yang sudah di subscribe. Cara ini juga cukup efisien sambil kamu menyiapkan cv dan protofolio untuk melamar kerja nanti.

5.    Cari Situs yang Terpercaya

Cara mencari lowongan kerja via online selanjutnya adalah dengan mencari loker di situs – situs yang sudah terkenal dan terpercaya. Dengan begini kamu memperkecil kemungkinan untuk ditipu, karena sekarang ini ada banyak penipuan iklan kerja yang ujung-ujungnya hanya meminta uang dan merugikan. Cobalah untuk mencari situsnya dari yang terkenal, dari iklan di sosial media, di tv atau di media yang lainnya.  Nah, kamu juga harus berhati-hati jika muncul situs yang kurang terkenal karena rata-rata info yang diberikan adalah palsu.

Kelebihan lain dari situs terpercaya adalah info yang diberikan rata-rata sudah pasti akurat dan lebih lengkap. Jika ada keluhan atau mungkin kamu kurang paham cara melamar kerja, di situs biasanya ada kolom komentar atau cara-cara memasukkan lamaran. Cukup mudah dan cepat!

6.    Sesuaikan Dengan Bidang yang Dikuasai

Di bagian ini saat kamu mencari lowongan kerja via online, cantumkan juga bidang yang kamu kuasai supaya lebih spesifik. Misalnya ‘lowongan kerja content writer’ atau mungkin ‘lowongan kerja marketing’ dan yang lainnya. Hal ini juga untuk menghindari supaya kamu tidak berhenti setelah baru sebulan atau dua bulan bekerja hanya karena pekerjaan yang kamu lakukan tidak sesuai.

7.    Sesuaikan Dengan Pendidikan Terakhir

Saat mencari kerja lewat media online baik itu lewat situs atau aplikasi, kamu bisa menyesuaikan dengan pendidikan terakhir yang pernah kamu tempuh. Sama dengan cara nomor 6 cara ini juga akan lebih memudahkan kamu dalam mencari kerja yang sesuai. Sama dengan aplikasi mamikos, jika kamu mencari lowongan di situs terpercaya dan terkenal biasanya ada bagian untuk filter pendidikan akhir. Seperti lowongan kerja sma, lowongan kerja S1, lowongan kerja S2 atau lowongan kerja D3 dan yang lainnya.

8.    Kirim Surat Lamaran Lewat Email atau Langsung di Situs

Untuk memudahkan sekaligus waspada terhadap penipuan, kamu bisa kirimkan lamaran lewat email atau langsung melalui situs dan aplikasi lowongan yang kamu dapatkan. Selain itu, kamu juga tidak perlu repot kesana kemari untuk mengirimkan lamaran kerja. Namun, ingat juga untuk teliti dan mengisi data diri/kontak yang lengkap supaya nanti perusahaan bisa langsung menghubungi kamu.

9.    Jangan Lupa Selalu Update

Karena setiap harinya akan selalu ada info terbaru di internet tentang lowongan kerja, jadi lebih baik kamu sering-sering buka website yang membahas tentang lowongan kerja. Dalam satu waktu kamu juga bisa memilih atau memasukkan lamaran ke beberapa perusahaan, sehingga jika yang satu gagal kamu masih memiliki harapan yang lainnya.

10.  Buatlah CV Semenarik Mungkin

Biasanya jika kamu mencari lowongan kerja via online, cara melamar kerjanya juga dengan via online. Karena kamu tidak bisa mempromosikan diri lewat perkataan, kamu bisa mengakalinya dengan membuat curriculum vitae yang menarik agar perusahaan yang kamu pilih juga tahu seberapa pantaskah kamu dan kelebihan apa yang bisa mereka jadikan petimbangan. Cara ini juga sekaligus untuk memperkenalkan dirimu pada mereka.

Pertimbangan Sebelum Berpindah Kota untuk Cari Kerja

pertimbangan sebelum pindah kota untuk cari kerja

1. Wawasan dan Pengalaman yang Bertambah

Dengan bekerja di kota besar, kamu pasti akan mempunyai pengalaman dan wawasan yang lebih luas. Kamu akan berinteraksi dengan banyak orang dari berbagai daerah, tentunya dengan berbagai macam latar belakang. Selain itu, pilihan lowongan kerjanya juga akan lebih bervariasi, dan lowongan kerja tersebut bisa datang dari perusahaan dalam negeri hingga perusahaan asing.

Lingkungan pergaulan kamu juga akan semakin luas dan beragam, dan kamu akan punya akses ke banyak perusahaan. Hal ini tentunya tidak akan kamu dapatkan jika bekerja di kotamu sendiri, dimana relatif lingkungannya sudah sangat kamu kenal.

2. Melatih Diri untuk Hidup Sendiri

Selain wawasan kamu bertambah, bekerja di kota besar juga melatih kamu hidup mandiri dan tidak bergantung pada orang tua. Kamu harus bisa mengatur keuangan sebaik mungkin, karena kamu harus memikirkan biaya sewa tempat tinggal atau kos, biaya makan, listrik, paket internet, dan kebutuhan lainnya.

Tapi kalau kamu kerja di kota asalmu, maka urusan tempat tinggal dan makan tidak usah kamu pikirkan lagi, karena kamu tinggal bersama orang tua atau saudaramu. Gaji yang kamu terima bisa kamu atur sesukamu saja.

3. Melatih Diri untuk Berhemat

Sama seperti kelebihan yang nomor 2, bekerja keluar kota juga membuat diri kita terlatih untuk berhemat dan melakukan segala upaya agar dapat memperkecil pengeluaran. Nah, salah satu pengeluaran yang dapat dihemat yaitu biaya transportasi dari tempat tinggalmu ke kantor tempat kamu bekerja.

 

Orang yang kerja di luar kota biasanya akan mencari tempat tinggal atau kos yang dekat dengan kantornya, sehingga mereka tidak perlu mengalami masalah macet dan juga menghemat biaya transportasi. Banyak perusahaan yang juga menyediakan mess untuk karyawannya yang dari luar kota.

Sebenarnya, penghematan ini bisa kamu terapkan kalau kamu bekerja di kota asalmu. Namun biasanya, karena masih dalam kota, orang lebih memilih pulang ke rumahnya daripada mencari tempat tinggal dekat kantornya.

Itulah tiga keuntungan yang kamu dapatkan kalau kamu memutuskan untuk bekerja keluar kota. Tapi jangan lupa, terlepas dari keuntungan tersebut, bekerja di luar kota juga mempunyai beberapa kelemahan yang patut kamu pertimbangkan. Kelemahan tersebut yaitu sebagai berikut.

4. Biaya Hidup yang Meningkat

Jika kamu bekerja di kota lain, maka kamu pasti akan merasakan adanya kebutuhan yang jauh lebih banyak daripada di kota tempat tinggalmu, apalagi jika kota tersebut memang memiliki biaya hidupnya yang mahal. Hal ini tentunya akan jauh lebih memberatkan jika kamu sudah berkeluarga, karena banyakenya aspek yang harus kamu pertimbangkan kembali dari segi biaya hidup.

Sekarang, kalau kamu memutuskan untuk bekerja di kota sendiri, bagaimana caranya mendapat informasi lowongan kerja di kotamu? Terutama apabila kamu perlu segera mencari pekerjaan baru. Berikut ini kami rangkum beberapa tips dalam mencari pekerjaan di sekitarmu.

Cara Mencari Lowongan Kerja Terdekat di Kotamu

cari lowongan kerja terdekat

Media Sosial

Cara cari lowongan kerja terdekat yang pertama adalah melalui media sosial, kalau kamu punya akun Facebook dan Instagram kamu harus mengefektifkan penggunaan media sosialmu dengan mencari info lowongan kerja yang ada di kotamu. Melalui media sosial, coba hubungi teman kuliahmu atau teman SMA-mu. Cari tahu mereka sekarang sedang bekerja di mana, dan tanyakan siapa tahu ada lowongan kerja yang cocok buat kamu di perusahaan tersebut.

Selain menghubungi teman, kamu juga bisa memanfaatkan fitur hashtag untuk mencari lowongan kerja di kotamu. Misalnya di Instagram, pada tab Discover, kamu bisa tulis kata “loker” atau “lowker” dan diikuti dengan kotamu. Jadi kalau kamu ketik “lowkersurabaya” di pencarian Instagram kamu, maka akan muncul berbagai informasi lowongan pekerjaan yang ada di kota Surabaya.

Selain melalui hashtag, kamu juga bisa mem-follow akun-akun penyebar informasi yang khusus dibuat di kotamu. Dari akun tersebut, pasti ada posting-an tentang lowongan kerja yang layak kamu coba.

Kamu juga bisa mem-follow akun Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) di kotamu. Caranya, kamu hanya perlu search “disnaker” dan diikuti dengan kabupaten, atau kota, atau provinsi tempat kamu berada. Contohnya, bagi kamu yang berdomisili di Semarang, kamu bisa search “disnakersemarang”, maka akan muncul lowongan kerja yang terdaftar di Disnaker di Kota Semarang.

Website Disnaker

Selain melalui Instagram, Disnaker juga aktif menginformasikan lowongan kerja melalui website resmi mereka. Pada pencarian Google, kamu cukup mengetik “disnaker” dan diikuti dengan kabupaten, kota, atau provinsi tempat kamu berada sekarang. Pada hasil pencarian pertama, pasti akan muncul website resmi Disnaker untuk kabupaten, kota, atau provinsi tersebut.

Selain lowongan kerja, disana kamu juga bisa mengikuti beberapa workshop dan pelatihan yang diadakan oleh Disnaker di kotamu. Tentunya, pelatihan dan workshop ini sangat berguna untuk meningkatkan dan membekali kamu saat hendak memasuki dunia kerja.

Website Lowongan Kerja

Cara cari lowongan kerja terdekat ini. juga sangat lumrah dilakukan, kamu tentu sudah tidak asing dengan Google dan menggunakan mesin pencari kan? Kini hanya dengan mengetik 'cari lowongan kerja' di internet, kamu akan menemukan banyak situs loker. Beberapa diantaranya yang menyediakan loker terpercaya:

JobStreet

Indeed

Kalibrr

Glints

Karir.com

Loker.id

Urbanhire

Qerja

Workmate

Pada situs-situs tersebut, kamu dapat mem-filter lowongan pekerjaan berdasarkan kota, sehingga nanti akan ditampilkan hanya lowongan kerja di kota tersebut.

Ada banyak situs-situs lowongan kerja terpercaya yang bisa memberikan informasi lowongan kerja di suatu kota, kabupaten, atau provinsi tertentu. Selain situs penyedia lowongan kerja, kamu juga bisa mencari lowongan kerja dari OLX. Saat ini, OLX tidak hanya merupakan situs jual beli saja, tetapi juga situs untuk mencari lowongan kerja yang terdekat dengan lokasimu.

Website Perusahaan

Kamu tidak hanya bisa mencari pekerjaan hanya melalui website lowongan kerja. Pada dasarnya, kamu bisa kok mencari informasi pekerjaan melalui website manapun, salah satunya melalui website perusahaan lokal yang ada di kotamu. Jika kamu sudah tahu ingin bekerja di perusahaan apa, maka kamu bisa mengunjungi website perusahaan tersebut, dan mem-filter hasil pencarian berdasarkan kota tempat kamu tinggal.

Job Fair

Mengunjungi job fair, atau pameran pekerjaan adalah salah satu cara yang cukup mudah untuk mendapatkan pekerjaan di kotamu. Dengan kamu mengikuti job fair, maka kamu akan mendapat informasi tentang berbagai macam pekerjaan yang tersedia di kotamu. Biasanya, perusahaan yang membuka sebuah job fair adalah perusahaan-perusahaan yang memang berlokasi tidak jauh dari tempat job fair tersebut diadakan.

 

Forum dan Komunitas

Seiring berkembangnya teknologi, ada banyak sekali ruang forum atau komunitas online yang sampai saat ini sudah digunakan oleh banyak orang. Beberapa forum juga dapat kamu temukan dalam media sosial. Cara kerjanya kurang lebih sama dengan mencari loker di media sosial, namun mungkin kamu perlu sedikit usaha untuk mendapatkan lebih banyak informasi loker, seperti harus bergabung dalam grup dan memantau adanya update loker secara berkali. Kamu bisa menemukan banyak forum atau komunitas ini seperti di Facebook, Instagram dan grup Telegram/Whatsapp. Gunakan kata kunci "loker" atau spesifik pada peran yang kamu inginkan, kamu bisa menemukan berbagai forum yang sudah terbentuk.

Nah, itu tadi berbagai cara cari lowongan kerja terdekat, sebelum kamu memutuskan untuk merantau ke luar kota untuk bekerja, pertimbangkan dulu untuk mencari kerja di kotamu. Kecuali, kalau keadaan di kotamu tidak memungkinkan untuk mencari pekerjaan yang cocok buatmu, sehingga kamu harus merantau.

Yang terpenting kamu harus ingat saat mencari pekerjaan adalah tetap persiapkan diri sebaik mungkin, baik dari keterampilan dan kemampuanmu, maupun dari kualitas berkas lamaranmu. Kedua hal ini perlu kamu ingat, agar lamaran kamu diterima dan bisa kamu mendapatkan pekerjaan impian kamu.

Nah, apakah sampai saat ini kamu masih belum mencari pekerjaan yang cocok di kotamu? Kalau kamu masih mencari-cari pekerjaan, yuk sempatkan dirimu untuk mengunjungi website Workmate. Pada website ini, kamu akan mendapat banyak sekali pekerjaan yang bervariasi di industri food and beverage (F&B), ritel, dan logistik. Kalau begitu, tunggu apalagi, segera klik link ini, dan temukan berbagai macam lowongan kerja yang menarik hati!

5 Cara Mencari Lowongan Pekerjaan Kurang dari 30 Menit

Mencari lowongan pekerjaan kadang seperti melakukan kerja penuh waktu sendiri. Memilih lowongan, membuat resume, menyesuaikan surat lamaran pada perusahaan yang diinginkan, hingga mengirimnya pasti memerlukan banyak waktu dan tenaga juga. Supaya usaha kamu lebih efisien dan efektif, coba lima cara mencari lowongan pekerjaan yang tidak pakai lama berikut.

Kesalahan Mencari Lowongan Pekerjaan

Sukses mendapat pekerjaan bukan hanya untung-untungan, tapi perlu juga komitmen, fokus, dan kegigihan. Apalagi, pada situasi pandemi saat ini, persaingan mencari pekerjaan malah semakin ketat karena makin banyak jumlah orang yang menganggur.

Menurut konsultan karier dari Your Career Girl, Kayme Canaii, kepada Apartment Therapy, cara sebagian orang mencari lowongan pekerjaan sebenarnya bisa melambatkan proses tersebut lebih jauh lagi.

“Banyak orang membuat kesalahan dengan melamar pada lowongan pekerjaan online sebanyak mungkin, setiap hari, tapi tidak juga mendapat hasil yang diinginkan,” kata Kayme.

Karena itu, Kayme menambahkan, selain mencari koneksi yang strategis, pencari kerja perlu juga secara hati-hati mengirimkan lamaran pekerjan. Lamaran yang terkirim haruslah yang berkualitas tinggi, bukan sekadar kuantitasnya.

 

5 Cara Mencari Lowongan Pekerjaan Kurang dari 30 Menit per Hari

Mencari pekerjaan secara digital perlu Roommies lakukan secara proaktif untuk mendapatkan hasil yang kamu inginkan. Bukan berarti harus menggunakan seluruh waktu kamu selama seharian--sehingga menunda aktivitas yang lain.

Berikut ini cara-cara mencari pekerjaan secara online yang dapat kamu lakukan kurang dari 30 menit per hari, tapi hasilnya tetap efektif. Coba, deh!

1. Bikin notifikasi posisi yang kamu incar

Hal pertama yang perlu kamu lakukan ketika mencari lowongan pekerjaan adalah menetapkan dulu posisi apa yang ingin kamu lamar. Jika masih bingung, menurut konsultan karier, Maggie Mistal, kepada Apartment Therapy, tentukan dengan cara mengingat jenis pekerjaan, posisi, dan perusahaan yang sedang kamu incar, ditambah pekerjaan sebelum-sebelumnya yang kamu banggakan.

Begitu sudah ketemu, gunakan posisi atau pekerjaan, juga perusahaan impian kamu sebagai kata kunci ketika mencari lowongan pekerjaan di mesin pencari, situs-situs pencari kerja, atau media sosial. Bikin juga notifikasi pada aplikasi atau situs pencari kerja seperti LinkedIn Jobs, Indeed, dan lainnya mengenai posisi atau perusahaan spesifik tadi.

Dengan cara tersebut, kamu akan selalu dapat informasi lowongan terbaru mengenai pekerjaan yang diincar langsung ke inbox. Jadi, tidak perlu berjam-jam mencarinya secara online.

2. Fokus pada perusahaan, bukan jabatan

fokus perusahaan

Cara lain mencari lowongan pekerjaan dengan cepat adalah lebih fokus lagi pada perusahaan yang ingin kamu masuki. Bekerja pada perusahaan impian akan membuat kamu lebih semangat menjalani posisi yang ada nantinya. Di samping itu, kamu juga bakal lebih fokus menyiapkan diri sesuai dengan kriteria perusahaan tersebut.

Menurut konsultan karier dari The Career Glow Up, Patricia Figueroa, melamar pada setiap posisi yang sedang terbuka (karena kamu memenuhi persyaratan) tidak selalu memberikan hasil yang diinginkan. Untuk itu, coba buka situs resmi perusahaan yang kamu incar, lalu cari langsung peluang karier pada situs tersebut.

Memfokuskan pada situs perusahaan juga membantu kamu mengenal lebih jauh perusahaan tersebut, serta bisa jadi modal jika dipanggil wawancara di situ suatu hari nanti. Selain pada situs perusahaan, cek juga profil LinkedIn mereka. Lalu, kirim pesan mengenalkan diri kamu kepada karyawan-karyawan mereka yang juga punya profil LInkedIn.

Menurut Nii Ato Bentsi-Enchill, pendiri Avenir Careers, memang tidak setiap orang akan merespons, tapi jika ada satu orang saja yang membalas, bisa membantu koneksi kamu ke perusahaan.

3. Buat jadwal cek pencarian kerja

Konsistensi adalah elemen kunci kesuksesan mencari pekerjaan. Oleh karena itu, Kayme Canaii menyarankan setidaknya rutin dalam seminggu ada hari atau waktu yang sama untuk cari lowongan kerja. Satu hari satu aktivitas saja dan tidak perlu lama-lama.

 

Misalnya, kamu mencari 2 - 4 lowongan pekerjaan yang menarik pada hari Minggu, lalu mengirimkan lamarannya pada hari Senin. Pada hari Selasa, menggunakan LinkedIn, kamu mencoba menjalin kontak dengan 2 - 3 orang dari perusahaan yang kamu lamar, untuk mengonfirmasi lamaran kamu atau mencari celah lowongan lain dari perusahaan.

Kalaupun kamu belum mencari lowongan pekerjaan lagi, setidaknya tetap membuat jadwal yang terkait pencarian kerja. Bisa sekadar menjalin kontak dengan koneksi-koneksi kamu atau follow-up proses penerimaan atau wawancara yang masih pending.

4. Mengontak perekrut

Langkah lainnya adalah memaksimalkan LinkedIn. Menjalin komunikasi dengan perekrut pada bidang pekerjaan yang ingin kamu jalani melalui akun LinkedIn adalah cara simpel tapi efektif.

Untuk mencarinya, ketik kata ‘recruiters’ atau ‘headhunter’ pada kolom pencari. Bisa juga, menyebutkan nama perusahaan sebelum kata “recruiter”. Nantinya, profil yang paling relevan dengan pencarian akan muncul.

Lalu, cek profil perekrut tadi. Jika sesuai yang kamu tuju, kirim request untuk terhubung dan pesan singkat mengenai ketertarikan kamu pada perusahaan dan permohonan wawancara kalau memungkinkan.

Walaupun tidak mendapat respons yang kamu inginkan, kamu tetap punya potensi terhubung dengan perusahaan. Nantinya, kamu bisa mendapat informasi terbaru mengenai lamaran juga posisi-posisi yang akan dibuka.

5. Melamar pada agensi HR

Saat ini, marak hadirnya perusahaan-perusahaan HR, yang mengkhususkan diri merekrut profesional-profesional pada bidang tertentu. Kemudian, mereka membantu menyalurkan skills mereka kepada perusahaan yang sedang membutuhkan.

Kalau kamu tidak memiliki banyak waktu juga modal, coba melamar pada perusahaan-perusahaan HR ini. Prinsipnya mirip outsourcing, tapi pada operasionalnya mereka bukan outsourcing. Mereka jadi penghubung antara para profesional dengan perusahaan yang sedang mencari karyawan baru--kadang tidak punya banyak waktu untuk proses merekrut.

Perusahaan HR akan mencari lowongan pekerjaan yang kamu inginkan, lalu mengatur jadwal wawancara dengan perusahaan jika ada yang sesuai. Yang perlu kamu lakukan hanya mengirimkan lamaran pada perusahaan HR tersebut. Cara ini memang biasanya diawali dengan pekerjaan kontrak jangka pendek. Namun, tidak menutup kemungkinan ada kesempatan jadi karyawan tetap.